3 Minyak Bumi Berharga Dan Kegunaanya

Minyak bumi merupakan sumber daya alam yang di dalam proses pembentukan minyak bumi memerlukan waktu yang benar-benar lama. Butuh waktu yang lama untuk membuahkan minyak bumi yang lantas diolah jadi bahan siap jadi. Minyak bumi ini tersusun atas minyak mentah, dimana proses pengolahan minyak mentah inilah yang nantinya dapat membuahkan bahan siap jadi. Dan tersebut adalah hasil olahan minyak bumi tersebut:

Sumber Agent88Bet

  1. LPG

LPG adalah hasil dari penyulingan minyak bumi yang bersifat gas cair. Adapun unsur yang terkandung di dalam LPG ini pada lain propana ( C3H8 ), butana ( C4H10 ), etana ( C2H6 ) dan pentana ( C5H11 ). Pada kebanyakan LPG pada jaman waktu ini banyak digunakan sebagai bahan bakar untuk industri dan tempat tinggal tangga. Perlu diketahui bahwa sebelum akan LPG ini dipasarkan, LPG ini udah diberi zat pembau tambahan yakni senyawa merkaptan (ethyl mercaptan).

Tujuan dari penambahan zat tersebut adalah untuk memberi tanda kepada costumer seandainya terjadi kebocoran gas. Apabila tidak diberi zat tambahan tersebut maka dapat benar-benar membahayakan, sebab pada dasarnya cii-ciri gas sanggup terlepas ke hawa dan gampang terbakar. Tidak cuma digunakan di dalam keperluan tempat tinggal tangga, LPG ini termasuk digunakan sebagai bahan baku maupun campuran di pabrik-pabrik petrokimia untuk dihasilkan sebagian produk. Beberapa hasil dari pabrik petrokimia tersebut pada lain adalah produk kosmetik, pupuk dan biji plastik.

  1. Aviator Turbine (Avtur)

Avtur merupakan bahan bakar untuk pesawat terbang yang memakai mesin turbin. Avtur ini kerap disebut sebagai Jet-A1. Bahan bakar avtur ini terbuat dari bahan kerosin, sebab terbuat dari kerosin maka karakteristik avtur ini mirip bersama dengan kerosin dimana keliru satunya adalah sama-sama miliki rantai karbon dan senyawa hidrokarbon (parafinik dan naftenik) yang sama.

Kelebihan dari bahan bakar avtur dibanding bersama dengan bahan bakar yang lain adalah avtur miliki volalitas yang lebih kecil, dimana volalitas yang kecil pada bahan avtur ini miliki keunggulan, yakni sanggup meminimalisir barangkali dapat kehilangan bahan bakar di dalam kuantitas yang banyak yang terjadi sebab penguapan pada waktu pesawat terbang. Selain itu keistimewaan dari avtur yang lainnya adalah miliki takaran daya per volume yang lebih tinggi supaya sanggup menyalurkan energinya pada pesawat untuk jalankan penerbangan pada jarak yang lebih jauh.

 

Mutu dari avtur ini dinilai dari sebagian aspek layaknya kemurniannya, performa pada suhu yang rendah dan tipe pembakaran pada turbin. Berdasarkan aspek tersebut maka avtur kudu memenuhi kriteria yang udah ditentukan sebelum akan digunakan layaknya titik beku pada suhu maksimal -47 derajat Celcius dan titik nyala minimal pada suhu 38 derajat Celcius.

  1. Aviation Gasoline (Avgas)

Avgas ini nyaris mirip bersama dengan avtur, bedanya avgas ini merupakan bahan bakar minyak yang dibuat secara spesifik untuk pesawat terbang bersama dengan mesin yang miliki ruang pembakaran internal dan mesinnya bersifat piston (piston engine). Avgas ini termasuk digunakan untuk bahan bakar mobil balap ataupun pesawat tempur. Avgas merupakan hasil dari pengembangan bensin (gasoline) dimana pengembangannya berdasarkan titik beku, titik nyala dan volality, yang mana titik bekunya maksimal -58 derajat Celcius.

Kualitas dari avgas sanggup diamati dari karakteristiknya yang anti ketukan (anti knock) yang ditunjukkan oleh kuantitas bilangan oktan. Perlu diketahui bahwa avgas ini miliki takaran timbal yang miliki pengaruh tidak baik pada lingkungan. Akan tapi timbal yang tersedia di dalam avgas ini punya tujuan untuk hindari terjadinya ketukan di di dalam sebuah mesin yang berarti timbal tersebut berfungsi untuk meningkatkan bilangan oktan. Meski demikianlah sebenarnya udah ditemukan zat yang sanggup meningkatkan bilangan oktan pada avgas yakni etanol, dimana etanol ini faktanya lebih ramah lingkungan ketimbang timbal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *